Each page brings you to knows Sociology further

Facebook
RSS

STOP PANGGANG BUMI KITA!

-
Mentari

                Apakah kamu merasakan bahwa sekarang ini perubahan cuaca terjadi begitu tidak menentu? Di saat yang seharusnya masuk pada musim penghujan cuaca malah terasa terik. Dan juga sebaliknya, di saat waktu seharusnya masuk musim panas malah setiap hari turun hujan. Tahukah apa penyebabnya? Jawabannya tentu saja dampak dari Global warming alias pemanasan global. Global warming terjadi salah satunya yaitu dikarenakan banyaknya pencemaran atau polusi di lingkungan kita. Misalnya dari asap kendaraan bermotor yang tiap tahun semakin bertambah penggunaannya. Asap-asap yang muncul dari cerobong-cerobong pabrik juga turut berperan semakin meningkatnya global warming saat ini. Kebakaran hutan serta sampah-sampah yang ada di sekeliling kita juga dapat menyebabkan tingginya pemanasan global. Namun tahukah kamu, hal-hal kecil yang biasa kita lakukan ternyata juga berperan menambah global warming.
Dan berikut ada setidaknya 10 cara mudah untuk mengurangi pemanasan global yang kebanyakan dari kita mungkin tidak tahu ternyata hal yang biasa kita lakukan atau kurang kita perhatikan berikut dapat menyebabkan global warming semakin parah. 10 cara mudah itu diantaranya :
1.      Kurangi penggunaan Kertas
Tanamkan dalam diri kita semua bahwa semakin banyak kita memakai kertas, maka semakin banyak pula pohon yang mati karena ditebang. Dan semakin banyak pohon yang ditebang maka udara di bumi ini semakin berkurang juga yang disaring dari udara-udara kotor. Dan hal itu tentu membuat polusi udara bertambah meraja lela dan merusak lapisan ozon.
2.      Ganti Lampu Pijar dengan Lampu Hemat Energi
Ganti tiap lampu pijar terutama yang ada di rumah-rumah dengan lampu neon yang notabene lebih hemat energy dibanding dengan lampu pijar. Ingat bahwa energy yang digunakan dalam prosesnya yaitu menggunakan bahan bakar dari fosil. Bahkan bakar fosil merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Dan jika terus menerus digunakan, maka lambat laun bahan bakar tersebut akan habis dan tidak dapat kita temukan lagi.
3.      Hindari Screen Saver
Matikan computer ataupun laptop bila tidak akan dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Atau jika kita terpaksa meninggalkan computer ataupun laptop dalam keadaan menyala, maka matikan screen saver. Hal ini karena mengaktifkan screen saver akan memakan energy dan mengeluarkan emisi .
4.      Periksa Tekanan Ban
Sebelum bepergian dengan kendaraan bermotor jangan lupa periksa tekanan ban kendaraan bermotor kita terlebih dahulu. Jika tekanan ban kurang, maka akan memperlambat laju kendaraan dan akan menambah konsumsi bahan bakar.
5.      Bukalah Jendela Lebar-lebar
Jika ruangan yang kita gunakan merupakan ruangan ber AC, maka biasakan untuk membuka jendela untuk mengurangi penggunaannya.
6.      Gunakan Pupuk Organik
   Kurangilah atau bahkan hindari penggunaan pupuk-pupuk anorganik yang biasanya mengandung unsur nitrogen dan akan berubah menjadi CO yang menimbulkan efek Gas Rumah Kaca 320 kali lipat lebbih besar dibandingkan dengan CO2. . Gunakan pupuk organic yang aman dan ramah lingkungan.
7.      Tanamlah Pohon Bambu
Telah terbukti bahwa tanaman bamboo mampu menyerap CO2empat kali lebih banyak dibanding tanaman lain.
8.      Kurangi Mengonsumsi Daging Sapi
Tahukah kamu, bahwa mengonsumsi daging sapi setiap kilogramnya yaitu sama dengan kita menyalakan bola lampu 20 watt selama 20 hari!
9.      Kurangi Pemakaian Kantong Plastik
Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kantong plastic merupakan salah satu unsur yang amat sulit untuk diuraikan. Butuh waktu 1000 tahun untuk menguraikannya. Efek rumah kaca yang ditimbulkan juga sangat besar. Maka bergantilah ke kantong yang berbahan dasar kain atau bahan alami agar mudah terurai.
10.  Naiklah Kendaraan Umum
Saat ini begitu banyak kendaraan pribadi yang berlalu lalang dihadapan kita. Bahkan dari kendaraan bermotor sendiri menyumbang 14% emisi gas rumah kaca. Jika kita coba berhemat dengan memakai transportasi dengan memanfaatkan kendaraan umum, setidaknya kita telah membantu mengurangi polusi udara dan memabntu menyelamatkan lingkungan.
Itulah beberapa cara yang sekiranya mudah untuk kita lakukan demin menjaga lingkungan tempat tinggal kita dan juga anak cucu kita kelak. Sudah sewajibnya kita untuk menghormati dan menyayangi alam tempat tinggal kita.

One Response so far.

  1. Anonim says:

    best tv games for pc games - YouTube
    Best TV Games For PC Game - Best Game Most Popular TV Series · 1. Phantasy Star Online 2 - Best for Gaming · free youtube to mp3 2. Star Online: New Genesis · 3. The

Leave a Reply

    About Me

    Foto Saya
    Mentari
    Yogyakarta, D.I Yogyakarta, Indonesia
    Apa adanya, terungkap melalui kata.
    Lihat profil lengkapku